MENU

Politik
Category

3449

Ahok : Pemarah atau Pembohong?

Articles, Politik

March 3, 2015

“Pemahaman Nenek Lu !”


Apakah sebentar lagi kalimat di atas akan ikut menjadi trend dan menggeser popularitas kalimat “Di situ saya merasa sedih”? We’ll see.
Sementara itu, akhirnya saya mendapat contoh tulisan tangan Ahok yang (hampir) ideal seperti terlampir di bawah ini :

Slide1-ahok-800

Terimakasih WNI (Warga Netizen Indonesia) yang telah mengupload gambar ini.

Anda juga setuju kan jika tulisan tangan ini saya analisa?

Sebagai Grafolog yang berafiliasi dengan AHAF (American Handwriting Analysis Foundation), tentu menganalisa (membaca atau mengartikan) karakter seseorang hanya berdasarkan pada satu jenis huruf adalah hal yang diharamkan karena bisa berakibat pada hasil analisa yang bias. “Anda adalah seseorang yang begini karena huruf t anda begitu” adalah sebuah jebakan batman. Mengacu pada metode analisa yang benar, maka menggabungkan 2 metode analisa sekaligus yaitu Gestalt (makro) & Atomistic (mikro) adalah satu-satunya cara untuk menghasilkan hasil analisa yang akurat.

Ahok Tukang Marah!

Benarkah demikian? Bagaimana hasil analisa tulisan tangannya? Indikator grafis apa saja yang ada pada tulisan tangan Beliau dan apa makna dibalik semua indikator tersebut?

Slide2-ahok-800

Indikator grafis pada tulisan tangan Ahok yang menonjol saya tandai dengan coretan grafis oranye berikut dengan kode & penjelasannya yang berwarna biru yaitu sebagai berikut :

A1. Spasi antar baris bersih (Picture of spacing strong)
A2. Kombinasi Margin kiri melebar dan margin kanan sempit
B1. Tarikan huruf vokal kuat ke arah horizontal daripada vertikal
B2. Bentuk tulisan tangan tajam (lihat huruf m atau n yang memiliki sudut segitiga)
B3. Garis pada huruf T panjang & arahnya naik
C. Arah kemiringan tulisan tangan vertikal

Semua orang selain Ahok pun jika memiliki tulisan tangan dengan kombinasi indikator grafis seperti terlampir di atas secara umum memiliki karakteristik sebagai berikut :

Sosok individu dengan karakter yang agresif, kompetitif, gigih, memiliki tujuan jangka panjang dan optimis (B2, B3). Beliau mampu bersikap objektif dan berpikir secara jernih dalam melihat semua permasalahan (A1,C). Meskipun dorongan memberontaknya besar namun Beliau selalu hati-hati dalam bertindak dan selalu ingin mengikuti pakem aturan yang ada (B3, C, A1). Semua orang dengan indikator grafis B1 adalah sosok individu yang tidak individual. Baginya melayani orang lain lebih utama daripada melayani diri sendiri. More of others, less of me.

“Lho, lalu dimana marah-marahnya? Bukankah Ahok si Tukang Marah?” Menurut Paul Ekman PhD, profesor psikologi yang mendedikasikan hidupnya untuk meneliti emosi manusia, secara universal penyebab seseorang marah adalah adanya gangguan dalam mencapai tujuan.

Lantas bagaimana cara Pak Ahok dalam mencapai tujuan? Gangguan apa yang dia alami hingga (selalu?) marah-marah? Orang yang hati-hati dalam bertindak dan selalu ingin mengikuti pakem aturan yang ada (C, A1) jelas mudah marah jika menghadapi tindakan yang sembrono dan melanggar aturan. Seperti korupsi, kolusi & nepotisme misalnya.

Jujur atau Bohong ?

Slide5

Selain 6 indikator grafis pada tulisan tangan Ahok yang sudah saya sebutkan di atas, tentu masih banyak indikator grafis lainnya yang jika dibedah satu-satu akan menghasilkan sebuah buku mengenai Ahok seorang karena indikator grafis dasar pada Ilmu Grafologi jumlahnya ada 440 buah. Melihat polemik saling tuduh dan saling lapor antara Ahok & DPRD DKI Jakarta tentu menarik menyimak 2 indikator yang saya tandai di atas  :

B4. Bentuk huruf a & o termasuk kategori clear oval (tidak ada goresan di dalamnya)
C1. Tinggi area upperzone (diukur pada batang huruf b,d,f,h,k,l,t) mendominasi tinggi area middlezone (ketinggian huruf vokal a,e,I,o,u)

Semua orang yang memiliki kombinasi indikator grafis di atas memiliki karakter sebagai orang yang menuntut transparansi dalam komunikasi (B4, legible writing) dan perilakunya diikat kuat oleh norma benar-salah akibat pola asuh yang sangat kuat mengedepankan sistem punishment pada waktu kecil (C1, upperzone dominant).

Berbohong adalah salah satu perilaku yang kecil kemungkinannya untuk mereka lakukan dan bertolak belakang dengan karakter aslinya. (dd)

Read article

1475

Samakah Ahok & Ridwan Kamil?

Articles, Politik

September 11, 2014

Apakah tandatangan yang sama menunjukkan sikap yang sama?

Tandatangan Ahok & RK

Sebuah kejutan menarik saya temukan pada hari ini secara tidak sengaja. Ketika melihat tandatangan Ridwan Kamil di surat pernyataan sikap Beliau yang menolak keputusan pelaksanaan Pilkada oleh DPRD, saya teringat tandatangan seseorang. Segera saya cek sebuah dokumen dan ternyata benar, tandatangan Ridwan Kamil dan Ahok serupa! Ada perbedaan minor dari kedua tandatangan tersebut tapi kesamaan tandatangan keduanya cukup besar. Sebuah kejutan yang menarik karena kemiripan sebuah tandatangan adalah sebuah hal yang jarang terjadi. Apa makna dari tandatangan yang meskipun tak sama tapi serupa tersebut?

Baik tulisan tangan maupun tandatangan adalah hasil grafis yang digerakkan oleh otak, bukan tangan. Keduanya merupakan manifestasi brainwriting (tulisan otak) yang juga memproyeksikan kondisi otak dan pikiran sekaligus. Sehingga ketika pemilik tulisan tangan dan tandatangan mengalami gangguan di otak (brain) atau mengalami gangguan di pikiran (mind) maka dengan mudah gangguan tersebut dapat terdeteksi dari tulisan tangan maupun tandatangan.

Screen Shot 2014-09-11 at 3.49.29 PM

Sebagai seorang grafolog, saya sangat tertarik mencermati kemiripan tandatangan dari kedua pejabat publik yang menunjukkan kesamaan sikap terkait dengan usulan Pilkada langsung oleh DPRD tersebut. Meskipun tanda tangan tidak bisa berdiri sendiri untuk digunakan sebagai instrumen analisa karakter dan membutuhkan sampel tulisan tangan secara keseluruhan, tetapi tetap ada hal-hal yang bisa dicermati dari sebuah spesimen tandatangan. Jika tulisan tangan dibuat secara “tanpa sadar” (otomatis), lain halnya dengan tanda tangan yang dibuat dengan sangat sadar. Bahkan ada juga sebagian orang yang melatih tandatangannya secara sadar agar terlihat “bagus”. Makna yang terkandung di balik sebuah tandatangan adalah gambaran tentang bagaimana seseorang ingin dilihat di hadapan publik.

Bagaimana gambaran public self seorang Ridwan Kamil & Ahok yang tercermin dari tandatangannya?

Screen Shot 2014-09-11 at 3.33.43 PM

Kombinasi dari pola :

  1. Right Slant
  2. Sharp point
  3. Upward Direction

Menunjukkan bahwa keduanya memiliki dorongan yang sama untuk menampilkan dirinya ke hadapan publik sebagai sosok yang hangat dan terbuka, tidak menemui kesulitan yang berarti untuk mengungkapkan  pokok pikiran yang dimilikinya. Optimis dan cerdas. Kemiripan pola dalam tandatangan keduanya juga dimiliki oleh Donald Trump, tokoh bisnis terkemuka dunia. Hanya bedanya adalah arah kemiringan tandatangan Donald Trump vertikal, lebih dingin dalam membawa diri dan tidak seramah pemilik tandatangan dengan kemiringan ke arah kanan dalam membawa dirinya di tengah-tengah publik.

Donald Trump

Menganalisa tandatangan tanpa sampel tulisan tangan tidak dapat memberikan gambaran yang lengkap tentang penulisnya karena pada umumnya antara tandatangan dan tulisan tangan itu berbeda. Sehingga jika Anda ingin tau karakter yang utuh dari pribadi penulisnya, penting untuk membandingkan pola yang terdapat dalam tulisan tangan dan tanda tangannya secara bersamaan. (DD)

Read article

1996

7 Jawaban Tentang Pak SBY

Articles, Investigation, Politik

September 13, 2013

Analisa Tulisan Tangan SBY

[quote align=”center” color=”#999999″]Perjalanan hidup seseorang memiliki peran besar dalam membentuk dengan berbagai macam kekuatan dan kelemahan yang ditampilkan hingga hari ini.

Tulisan tangan adalah ”alat ukur” ilmiah dalam mengetahui apa yang terjadi antara otak dan pikiran manusia untuk mendeskripsikan kepribadian setiap individu. Pikiran manusia secara sadar menentukan apa yang Anda tulis dan alam bawah sadar mengontrol bagaimana cara Anda menulis.

Otak manusia seperti sebuah komputer, mengontrol bagaimana dan apa yang Anda lakukan, rasakan / inginkan, apa yang menjadi kebiasaan Anda dan tangan yang Anda miliki seperti sebuah keyboard pada komputer yang berfungsi sebagai “alat” untuk menuliskan apa yang diperintahkan oleh otak Anda. Analisa tulisan tangan adalah studi tentang tulisan tangan seseorang untuk mengetahui karakter individu.

Program CIA (Character Investigation & Alteration) menggunakan aplikasi ilmu analisa tulisan tangan untuk menginvestigasi karakter dan memberikan tips perubahan demi peningkatan kualitas hidup yang lebih baik.[/quote]

Dalam sebuah wawancara imajiner antara salah seorang warga Negara RI kepada seorang Grafolog (Handwriting Analyst) yang hanya mempercayai dan menjawab pertanyaan berdasarkan hasil analisa tulisan tangan daripada opini, persepsi ataupun citra publik individu :

1. Q : Mbak Debo, bagaimana independensi Pak SBY dalam membuat sebuah kebijakan?
analisa tulisan tangan sby
A : Sejatinya, hasil analisa tulisan tangan Beliau justru menggambarkan sosok karakter yang berkeinginan kuat serta tahu apa yang dia inginkan. Dengan karakter seperti itu tentu saja independensi Pak SBY sangat tinggi karena sekalinya menginginkan sesuatu, dengan yakin Beliau akan terus mengupayakan agar tujuannya tercapai serta berani mendisiplinkan dirinya sendiri agar selaras dengan tujuan tersebut. Namun dalam proses pembuatan kebijakan tersebut ketika bertemu dengan pendukung yang bisa memberikan alternatif pilihan lain, Beliau tetap bersedia membuka diri terhadap kemungkinan tersebut.

2. Q : Apakah sebagai pemimpin Beliau adalah sosok yang visioner dengan visi jangka panjang dan akan tetap konsisten menjalani pernyataan misi pribadinya?

A : Beliau melihat sebuah visi dan menyikapi pola pikir jangka panjang secara berbeda namun kuat sekali dorongannya untuk selalu mengupayakan kondisi yang lebih baik di masa mendatang. Berbicara tentang konsistensi, yang perlu digaris bawahi adalah konsistensi dalam menjalani pernyataan misi pribadi tersebut. Pencapaian misi pribadi bisa optimal jika dalam masa kepemimpinannya Beliau mendapat dukungan yang kondusif seperti : informasi kondisi lapangan yang akurat dan apresiasi langsung terhadap perkembangan hasil yang telah dicapai dari orang-orang disekitarnya dan termasuk juga apresiasi dukungan rakyat.

3. Q : Apakah Pak SBY bisa tetap memegang integritasnya sebagai pemimpin dengan masa jabatan yang akan berakhir sebentar lagi dan tetap fokus  mengeksekusi kepentingan rakyat berdasarkan skala prioritas yang penting dan mendesak saat ini?

Analisa Tulisan Tangan SBY

A : Bisa, dengan pemahaman bahwa integritas adalah sikap konsisten untuk tetap melakukan hal yang sama baik diketahui atau tidak diketahui orang lain. Audit integritas tersebut perlu kita kembalikan lagi kepada visi dan misi Beliau ketika ingin memimpin negeri ini. Apa visi dan misi pribadi Beliau yang sebenarnya ketika memutuskan ingin menjadi pemimpin Indonesia? Sekalipun, di dalam sebuah pemerintahan bisa terdapat banyak faktor yang berpengaruh dalam proses penentuan kebijakan, Pak SBY adalah tipe orang yang memiliki tingkat empati sangat tinggi. Walk on other people’s shoes is his character’s specialty. Beliau akan sepenuh hati memperjuangkan kepentingan rakyat sampai titik darah penghabisan dengan … caranya sendiri.

4. Q : Bagaimana cara Beliau dalam menemukan solusi yang menguntungkan semua pihak?

A : Sebagai orang yang sangat yakin bahwa caranya dalam memberi solusi pasti memberikan hasil yang menguntungkan banyak pihak, maka Beliau cenderung memiliki preferensi menggunakan cara yang menurut Beliau terbaik. Hal ini tanpa sadar membuat Pak SBY lupa bahwa masih banyak orang yang (mungkin) membutuhkan penjelasan lebih detail terhadap setiap keputusan yang Beliau ambil. Seperti pengangkatan Pak Roy Suryo sebagai Menpora, misalnya, dimana hal ini menimbulkan kontroversi di masyarakat umum.

5. Q : Apakah Pak SBY seorang yang empatik dalam mendeteksi sebuah masalah sebelum kemudian memberikan solusinya?

Analisa tulisan tangan SBY

A : Empatik sudah pasti. Dengan tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi bahwa keputusannya adalah solusi yang terbaik untuk semua orang memang ada peluang bahwa sikap empatik Pak SBY dipahami sebagai sesuatu yang berbeda oleh orang lain yang tidak sependapat dengan solusi Beliau.

6. Q : Bagaimana cara Pak SBY mensinergikan semua menteri, departemen dan lembaga terkait, industri bisnis, dan masyarakat untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada?

A : Dengan semangat ingin memberikan yang terbaik melalui caranya sendiri, selain mengupayakan semua pihak agar mau mengikuti rancangan sinergi lintas departemen, Pak SBY pun tak segan-segan mendisiplinkan dirinya sendiri dalam rangka turut serta mensukseskan solusi yang telah dibuatnya sendiri tersebut.

7. Q : Apakah Pak SBY tetap bisa meneguhkan dirinya sendiri ketika mengalami masa yang  berat dan bahkan memperbaiki dirinya sendiri demi kepentingan rakyat?

Analisa Tulisan Tangan SBY

A : Kunci penting yang bisa kita garis bawahi disini adalah, terciptanya atmosfir lingkungan yang kondusif itu berperan besar terhadap stabilitas “stamina” dan kinerja Pak SBY. Seberat apapun kondisinya, ketika menerima dukungan moril yang di ekspresikan secara langsung kepada Beliau niscaya Pak SBY bisa melakukan apapun untuk memenangkan perjuangan yang sedang dihadapinya.

Demikianlah hasil wawancara imajiner tersebut dirangkai berdasarkan analisa mengenai kepribadian Pak Susilo Bambang Yudhoyono yang dibuat dengan mengaplikasikan prinsip- prinsip dasar dari analisa tulisan tangan dengan menggunakan pendekatan Gestalt dan Atomistic. Dibuat tanpa prasangka buruk atau diskriminasi dan jika Anda membutuhkan informasi secara detail dapat menghubungi saya di www.deborahdewi.com.

Warm Regards,

Deborah Dewi

Member of American Association of Handwriting Analyst*
*Organisasi profesi akreditasi dan komunitas Grafolog yang berpusat di California, Amerika Serikat

Read article