MENU

Comments (0) Alteration

SUPER MOM & SUPER DAD

Sama-sama bekerja dan sama-sama mengasuh anak secara bersamaan tentu saja berdampak pada meningkatnya tekanan baik kepada Ayah maupun Bunda. Perasaan capek atau penat adalah hal yang sangat wajar. Pengenalan diri sendiri dengan benar sangat diperlukan agar Ayah dan Bunda sama-sama mengetahui bagaimana cara memotivasi diri dan bisa fresh kembali setiap saat. Selain Ayah dan Bunda bisa saling bersinergi dalam mengasuh si kecil sehingga keluarga sehat dan bahagia, karir juga ikut meningkat.

Berikut adalah 9 tips memotivasi diri sesuai dengan tipe Ayah & Bunda masing-masing :

1.    Reformer ( Perfeksionis )

Rasional dan idealis. Teguh dalam membedakan benar dan salah. Umumnya seorang guru, atau agen perubahan (agen reformasi). Ingin selalu memperbaiki yang salah.

Tips Motivasi Diri : Anda suka peningkatan kualitas hidup. Ingat-ingat kembali selama Ayah atau Bunda bersinergi mengasuh si kecil, kualitas apa dalam area pribadi Ayah atau Bunda yang telah meningkat? Mengamati pertumbuhan tersebut bisa menimbulkan kepuasan tersendiri bagi Ayah/Bunda.

2.    Helper ( Giver )

Bunda punya jiwa merawat, peduli kepada sesamanya. Berhati lembut, tulus dan empati kepada orang lain. Mau berkorban untuk orang lain. Suka membantu orang lain.

Tips Motivasi Diri : Semakin bisa memberi, semakin Ayah / Bunda merasa termotivasi dan merasakan kepuasan dalam batin. Catat dan lakukan apa yang bisa Ayah/Bunda berikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran si kecil.

3.    Achiever ( Motivator )

Bunda berorientasi pada prestasi. Energik, bersemangat, percaya diri. Punya ambisi untuk maju.

Tips Motivasi Diri : Sebelum menikah dan si kecil hadir tentu menjadi orang tua adalah hal yang masih belum terbayangkan oleh Ayah/Bunda. Sekarang tanpa terasa Ayah dan Bunda telah melalui fase tersebut. Melihat pencapaian apa saja yang sudah pernah Ayah/Bunda capai hingga berhasil melewati masa transisi lajang, menikah dan memiliki anak tentu bisa membangkitkan semangat. Selamat, Ayah/Bunda ternyata sudah berhasil menaklukkan tantangan tersebut.

4.    Individualist ( Artist )

Bunda sensitif dan introspektif (melihat kedalam diri sendiri). Kreatif, dapat mengekspresikan diri. Terkadang emosinya berubah-ubah (moody).

Tips Motivasi Diri :. Mungkin banyak orang di sekitar Anda belum berhasil memahami Anda, tetaplah tenang karena berbeda itu bukan berarti jelek. Bercerminlah, Anda akan melihat bahwa meskipun terkadang cara Anda dalam mengasuh si kecil dipandang salah oleh orang lain, namun tidak ada seorang pun yang paling mengerti sang buah hati Anda kecuali Anda sendiri. Ingatlah bahwa Tuhan menciptakan Ayah/Bunda dengan sebuah tujuan mulia, termasuk ketika Anda dianugerahi Tuhan dengan karakter yang berbeda (minoritas).

5.    Investigator
( Thinker )

Bunda memiliki otak cerebral kuat. Punya rasa penasaran tinggi. Ingin mengetahui sesuatu secara mendalam. Mandiri. Inovatif. Dan punya kemampuan inventif (menemukan sesuatu).

Tips Motivasi Diri : Anda lelah? Berhentilah sejenak, dan gunakan waktu Anda untuk mengumpulkan semua hasil “temuan” Anda tentang tata cara pengasuhan yang terbaik untuk sang buah hati. Ketika Anda menemukan banyak “harta karun” berupa pengetahuan baru tersebut, seketika itu juga Ayah / Bunda akan bersemangat kembali.

6.    Loyalist

Bunda menekankan rasa aman. Punya komitmen. Bertanggungjawab, dapat bekerja keras.

Tips Motivasi Diri : Ada kalanya dalam menghadapi masa pertumbuhan si kecil, Ayah / Bunda merasa ragu dan stuck maka cara untuk membuat Anda bersemangat kembali adalah dengan bertemu kembali bersama dengan rekan dan mengumpulka saran atau jawaban dari mereka atas pertanyaan Anda. Seketika itu juga Anda akan bersemangat kembali untuk membuat kesimpulan atas kebingunga Anda.

7.    Enthusiast ( Adventure )

Bunda senang dengan kesibukan. Punya sikap terbuka terhadap orang lain. Berjiwa spontan. Bersemangat. Selalu optimis dan yakin pada diri sendiri.

Tips Motivasi Diri : Tentu saja berbagai jenis petualangan bisa membangkitkan semangat Anda kembali. Saatnya Ayah / Bunda menerapkan teknik baru dalam membantu masa pembelajaran sang buah hati. Ubah agenda rutin Anda dan temukan semangat baru sesederhana Anda mengubah jadwal dan jenis permainan si kecil misalnya.

8.    Challenger ( Leader )

Bunda dominan. Percaya diri. Berjiwa melindungi. Gaya bicara langsung pada intinya dan kurang suka basa-basi.

Tips Motivasi Diri : Waktunya membuktikan kemampuan Anda sebagai pemimpin sejati. Temukan kebiasaan si kecil yang belum berhasil ditaklukkan dan beri kesempatan kepada diri Anda untuk memenangkannya.

9.    Peacemaker ( Mediator )

Bunda easygoing. Bisa mempercayai dan menerima orang lain. Emosinya stabil. Cukup kreatif dan optimis. Selalu menghindari konflik. Tidak suka berselisih.

Tips Motivasi Diri : Jika masih ada konflik yang terpendam, beritahukan hal ini kepada Ayah / Bunda dan jangan segan untuk meminta bantuannya dalam menyelesaikan konflik tersebut. Percayalah bahwa segala sesuatu selalu ada solusinya. Ketika semuanya sudah selesai, Anda bisa mendapat energy baru karena situasi damai selalu berhasil menyemangati Ayah / Bunda

Bunda termasuk tipe yang mana?

(Artikel ini diposting di Facebook Sweety, dalam rangka Event “Good Parenting For Working Parents” Bunda Cermat Sweety bersama Deborah Dewi dimulai pada Tgl 13 September hingga Tgl 17 September 2013 via Facebook Bunda Cermat Sweety, dan kemudian dilanjutkan dengan Acara TV pada tgl 19,20,dan 22 September 2013)

Beberapa Hasil Analisa Tulisan Tangan bisa dilihat di sini

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *