MENU

Comments (0) Articles, Politik

Samakah Ahok & Ridwan Kamil?

Apakah tandatangan yang sama menunjukkan sikap yang sama?

Tandatangan Ahok & RK

Sebuah kejutan menarik saya temukan pada hari ini secara tidak sengaja. Ketika melihat tandatangan Ridwan Kamil di surat pernyataan sikap Beliau yang menolak keputusan pelaksanaan Pilkada oleh DPRD, saya teringat tandatangan seseorang. Segera saya cek sebuah dokumen dan ternyata benar, tandatangan Ridwan Kamil dan Ahok serupa! Ada perbedaan minor dari kedua tandatangan tersebut tapi kesamaan tandatangan keduanya cukup besar. Sebuah kejutan yang menarik karena kemiripan sebuah tandatangan adalah sebuah hal yang jarang terjadi. Apa makna dari tandatangan yang meskipun tak sama tapi serupa tersebut?

Baik tulisan tangan maupun tandatangan adalah hasil grafis yang digerakkan oleh otak, bukan tangan. Keduanya merupakan manifestasi brainwriting (tulisan otak) yang juga memproyeksikan kondisi otak dan pikiran sekaligus. Sehingga ketika pemilik tulisan tangan dan tandatangan mengalami gangguan di otak (brain) atau mengalami gangguan di pikiran (mind) maka dengan mudah gangguan tersebut dapat terdeteksi dari tulisan tangan maupun tandatangan.

Screen Shot 2014-09-11 at 3.49.29 PM

Sebagai seorang grafolog, saya sangat tertarik mencermati kemiripan tandatangan dari kedua pejabat publik yang menunjukkan kesamaan sikap terkait dengan usulan Pilkada langsung oleh DPRD tersebut. Meskipun tanda tangan tidak bisa berdiri sendiri untuk digunakan sebagai instrumen analisa karakter dan membutuhkan sampel tulisan tangan secara keseluruhan, tetapi tetap ada hal-hal yang bisa dicermati dari sebuah spesimen tandatangan. Jika tulisan tangan dibuat secara “tanpa sadar” (otomatis), lain halnya dengan tanda tangan yang dibuat dengan sangat sadar. Bahkan ada juga sebagian orang yang melatih tandatangannya secara sadar agar terlihat “bagus”. Makna yang terkandung di balik sebuah tandatangan adalah gambaran tentang bagaimana seseorang ingin dilihat di hadapan publik.

Bagaimana gambaran public self seorang Ridwan Kamil & Ahok yang tercermin dari tandatangannya?

Screen Shot 2014-09-11 at 3.33.43 PM

Kombinasi dari pola :

  1. Right Slant
  2. Sharp point
  3. Upward Direction

Menunjukkan bahwa keduanya memiliki dorongan yang sama untuk menampilkan dirinya ke hadapan publik sebagai sosok yang hangat dan terbuka, tidak menemui kesulitan yang berarti untuk mengungkapkan  pokok pikiran yang dimilikinya. Optimis dan cerdas. Kemiripan pola dalam tandatangan keduanya juga dimiliki oleh Donald Trump, tokoh bisnis terkemuka dunia. Hanya bedanya adalah arah kemiringan tandatangan Donald Trump vertikal, lebih dingin dalam membawa diri dan tidak seramah pemilik tandatangan dengan kemiringan ke arah kanan dalam membawa dirinya di tengah-tengah publik.

Donald Trump

Menganalisa tandatangan tanpa sampel tulisan tangan tidak dapat memberikan gambaran yang lengkap tentang penulisnya karena pada umumnya antara tandatangan dan tulisan tangan itu berbeda. Sehingga jika Anda ingin tau karakter yang utuh dari pribadi penulisnya, penting untuk membandingkan pola yang terdapat dalam tulisan tangan dan tanda tangannya secara bersamaan. (DD)

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *