MENU

Comments (2) Alteration

5 MITOS TANDATANGAN

“Mbak, kalau tandatangan saya seperti ini bagaimana? Kalau saya mengubah tandatangan saya apakah hoki saya ikut berubah?”

Banyak sekali yang memiliki pertanyaan serupa dan selalu bertanya kepada saya entah melalui email, twitter atau bahkan di setiap kesempatan saya mengajar di beberapa unit korporasi. Kali ini saya akan membagi mitos seputar tandatangan.

5 MITOS TANDATANGAN :

1. TANDATANGANMU = KARAKTERMU

FAKTA : Tandatangan BUKAN komponen utama dalam ilmu grafologi. Sifatnya hanya sebagai data tambahan pelengkap saja, tidak bisa berdiri sendiri untuk dianalisa dan tidak mencerminkan karakter Anda secara keseluruhan. Bisa diintepretasikan tapi butuh analisa tulisan tangan untuk ketahui karakter Anda secara lengkap.

2. TANDATANGAN RIBET = HIDUP RUWET

FAKTA : Tandatangan yang tidak terbaca jelas hanya menandakan bahwa pemilik tandatangan tersebut sangat tertutup dan  berhati-hati untuk mengkomunikasikan pendapatnya secara langsung dan terbuka. Bandingkan dengan tandatangan orang Amerika yang mayoritas bisa terbaca dengan jelas, mayoritas dengan yakin mereka mengungkapkan pendapatnya kapanpun mereka mau kan?

Screen Shot 2013-09-17 at 12.07.07 PM

 

3. MENGUBAH TANDATANGAN = MENGUBAH HOKI

FAKTA : Tulisan dan tandatangan yang berubah memang menandakan adanya karakter diri Anda yang telah berubah. Tapi dari kacamata ilmu pengetahuan, mengubah tandatangan TIDAK ADA hubungannya dengan hoki. Jika karakter Anda “berubah” dari pemalas menjadi orang yang rajin, dari pesimis menjadi optimis sehingga Anda lebih giat bekerja dan menghasilkan karya yang luar biasa dan kemudian sukses maka rejeki Anda sumbernya dari usaha Anda. Bukan hoki.

4. TANDATANGAN MUDAH TERBACA = MUDAH DIPALSUKAN

FAKTA : dibutuhkan keahlian pengendalian urat syaraf tingkat tinggi untuk bisa memalsukan tandatangan. Ahli forensic document examiner terlatih mampu melakukan verifikasi tandatangan semirip dan sejelas apapun tandatangan tersebut karena tetap saja ada tanda otak bawah sadar Anda dalam tulisan tangan dan tandatangan Anda yang TIDAK BISA Anda hilangkan dan ditiru orang lain.

5. TANDATANGAN HARUS SELALU SAMA

FAKTA : Ketika karakter Anda berubah, baik tulisan tangan maupun tandatangan OTOMATIS akan ikut berubah. Mengharapkan tandatangan akan selalu sama persis dari usia Anda 17 tahun hingga sekarang adalah hal yang hampir mustahil kecuali karakter Anda tidak berubah sama sekali. Berikut adalah perubahan karakter dan tandatangan Hitler sebelum dan sesudah dia bergabung dengan NAZI

Screen Shot 2013-09-17 at 12.51.22 PM

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

2 Responses to 5 MITOS TANDATANGAN

  1. Aspari says:

    Mbak bisa minta tolong menganalisa tulisan saya,mungkin bisa membantu mengetaui diri saya kekurangan ataupun kelibihan

  2. fourtina says:

    Mbak boleh analisa tulisan saya. Im going tough moment maybe it can help to know myself more. Thanks alot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *