ME TIME & FAMILY TIME

Banyak mitos yang mengatakan bahwa ketika sudah berkeluarga maka waktu pribadi untuk menjadi diri sendiri otomatis akan hilang. Sebenarnya hal ini bisa disiasati jika tau caranya. Bunda bisa loh tetap memiliki family time dan me time sekaligus dengan pendekatan khusus. Salah satunya adalah dengan mengetahui tipe karakter Bunda, kemudian mendesain family time sesuai dengan preferensi Bunda. Family Time ala Bunda.

9 Tipe Karakter berdasarkan Enneagram & desain khusus family time ala Bunda :

1.   Reformer ( Perfeksionis )

Bunda rasional dan idealis. Teguh dalam membedakan benar dan salah. Umumnya seorang guru, atau agen perubahan (agen reformasi). Ingin selalu memperbaiki yang salah.

Desain Family Time : Bunda senang dengan standard yang tinggi. Waktunya Bunda mengaudit pola makan, pola tidur, bermain dan belajar si kecil. Buat diari bulanan yang menarik untuk petunjuk pola asuh ala Bunda.

2.   Helper ( Giver )

Bunda punya jiwa merawat, peduli kepada sesamanya. Berhati lembut, tulus dan empati kepada orang lain. Mau berkorban untuk orang lain. Suka membantu orang lain.

Desain Family Time : Bunda tergerak ingin terlibat dalam sebuah kegiatan amal? Mengajak si kecil terlibat juga ide bagus. Dia bisa belajar dari Bunda untuk menumbuhkan jiwa sosial sejak kecil. Sambil Bunda bersenang-senang tanpa sadar Bunda sudah mendidik jiwa sosial si kecil sejak dini.

3.    Achiever ( Motivator )

Bunda berorientasi pada prestasi. Energik, bersemangat, percaya diri. Punya ambisi untuk maju.

Desain Family Time : Saatnya menggali bakat terpendam si kecil sejak dini. Bunda bisa melakukan tes sidik jari untuk mengetahui bakat si kecil dan bunda kembangkan sejak dini. Mengikut sertakan si kecil dalam berbagai lomba selain membuat Bunda merasa puas tanpa sadar hal itu juga merupakan bentuk investasi terhadap sang buah hati.

4.    Individualist ( Artist )

Bunda sensitif dan introspektif (melihat kedalam diri sendiri). Kreatif, dapat mengekspresikan diri. Terkadang emosinya berubah-ubah (moody).
Desain Family Time :  Kepekaan Bunda sangat bermanfaat untuk mendeteksi apa yang disuka dan tidak disuka si kecil. Waktu me time terbaik Bunda bisa dilakukan dengan cara introspeksi dan mengaudit pertumbuhan si kecil.

5.    Investigator
( Thinker )

Bunda memiliki otak cerebral kuat. Punya rasa penasaran tinggi. Ingin mengetahui sesuatu secara mendalam. Mandiri. Inovatif. Dan punya kemampuan inventif (menemukan sesuatu).

Desain Family Time : Si kecil Nampak bosan dengan menu makanan itu-itu aja? Waktunya Bunda bersenang-senang menemukan menu makanan baru yang tetap sehat untuk si kecil.

6.    Loyalist

Bunda menekankan rasa aman. Punya komitmen. Bertanggungjawab, dapat bekerja keras.

Desain Family Time : Berdiskusi santai dengan Ayah atau mengikuti kegiatan diskusi parenting bisa menjadi me time tersendiri bagi Bunda untuk meyakinkan diri sendiri tentang pola asuh si kecil yang selama ini Bunda jalankan.

7.    Enthusiast ( Adventure )

Bunda senang dengan kesibukan. Punya sikap terbuka terhadap orang lain. Berjiwa spontan. Bersemangat. Selalu optimis dan yakin pada diri sendiri.

Desain Family Time : Dengan tipikal karakter seperti ini tentu saja mengunjungi beberapa arena bermain baru seperti brain gym bisa menjadi me time spesial Bunda. Selain bermanfaat bagi si kecil, Bunda juga senang karena ada hal baru yang bisa dipelajari.

8.    Challenger ( Leader )

Bunda dominan. Percaya diri. Berjiwa melindungi. Gaya bicara langsung pada intinya dan kurang suka basa-basi.

Desain Family Time : Memanfaatkan me time Bunda untuk melatih jiwa kepemimpinan si kecil dengan cara membiarkan dia memilih sendiri pakaian yang ingin dikenakannya bisa menghasilkan kepuasan tersendiri bagi Bunda.

9.    Peacemaker ( Mediator )

Bunda easygoing. Bisa mempercayai dan menerima orang lain. Emosinya stabil. Cukup kreatif dan optimis. Selalu menghindari konflik. Tidak suka berselisih.

Desain Family Time : Bisa mempercayai dan menerima orang lain dengan mudah adalah modal utama Bunda untuk mengundang anggota keluarga jauh berkunjung dan bermain sejenak bersama si kecil. Family time ala Bunda ini juga bisa memberi kepuasan tersendiri bagi Bunda ketika Bunda berhasil menjalin silahturahmi dengan baik dengan keluarga jauh.

Bunda termasuk tipe yang mana?

(Artikel ini diposting di Facebook Sweety, dalam rangka Event “Good Parenting For Working Parents” Bunda Cermat Sweety bersama Deborah Dewi dimulai pada Tgl 13 September hingga Tgl 17 September 2013 via Facebook Bunda Cermat Sweety, dan kemudian dilanjutkan dengan Acara TV pada tgl 19,20,dan 22 September 2013)

Beberapa Hasil Analisa Tulisan Tangan bisa dilihat di sini

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *